Tugas Jaringan Komputer Pertemuan 3

 Buatlah Resume Prangkat Jaringan :

- Repeater

- Bridge

- Network Interface Card (NIC)


Jawaban

1. Repeater

repeater adalah alat yang dugunakan sebagai penguat sinyal seluler. Cara kerja repeater adalah menerima sinyal, kemudian akan memancarkan kembali sinyal yang ada.

Repeater umumnya digunakan pada topologi bus, di mana sinyal diperkuat satu segmen kabel saja. Disebut juga sebagai wifi extender, sebab repeater bisa memperluas jangkauan WiFi.

Secara garis besar, repeater terdapat 2 jenis komponen untuk menunjang peranan dan fungsinya. Komponen pertama berguna untuk menerima sinyal data.

Sedangkan komponen kedua untuk memancarkan ulang sinyal data. Sebelum dipancarkan kembali, repeater akan mengalami perubahan frekuensi sehingga bisa menghasilkan sinyal kuat.

2. Bridge

Kata bridge diambil dari bahasa Inggris yang bila diartikan adalah jembatan atau penghubung. Kemudian bila dihubungkan dengan jaringan komputer, pengertian bridge menjadi suatu alat yang dapat menghubungkan jaringan komputer LAN (Local Area Network) dengan jaringan LAN lainnya. Tidak hanya dapat menghubungkan tipe jaringan komputer yang sama, bridge bisa digunakan untuk menghubungkan tipe yang berbeda-beda. Misalnya saja seperti ethernet dan fast ethernet.

Bridge juga merupakan alat yang bisa mempelajari alamat link yang ada pada setiap perangkat yang terhubung dengannya serta mengatur alur frame berdasarkan alamat tersebut. Bridge bekerja pada data Link layer model OSI (Open System Interconnection). Oleh karena itu alat ini bisa menyambungkan jaringan komputer yang menggunakan metode transmisi atau medium access control yang berbeda

3. Network Interface Card (NIC)

Network Interface Card merupakan komponen penting dalam penyediaan jaringan dalam komputer dan server. Ini merupakan komponen berupa circuit card yang nantinya dipasang pada perangkat komputer. 

Fungsi dari NIC ini adalah sebagai media untuk membentuk hubungan antar komputer, meski utamanya bekerja pada fungsi internet. 

Komponen ini akan bekerja menghubungkan jaringan dari kabel LAN dengan fungsi komputer. Sehingga nantinya komputer bisa masuk ke dalam jaringan yang terkait dengan LAN tersebut.

Comments

Popular posts from this blog

Kelompok 6 Jaringan Komputer

Perhitungan IP Subnetting