Kelompok 6 Jaringan Komputer


DEFINISI JARINGAN KOMPUTER

Jaringan komputer adalah dua perangkat (device) atau lebih, yang saling terhubung melalui media transmisi dan bisa saling berkomunikasi (dalam pengiriman data).


Jenis Jenis Jaringan Komputer
1. PAN (Personal Area Network)
2. LAN (Local Area Network)
3. MAN (Metropolitan Area Network)
4. WAN (Wide Area Network)

( Tabel-tabel jenis jaringan komputer)

PAN (Personal Area Network)
Personal Area Network (PAN) adalah jaringan komunikasi satu perangkat dengan lainnya dalam jarak sangat dekat, hanya dalam beberapa meter saja. PAN merupakan titik akses ke berbagai perangkat pribadi seperti laptop, komputer, telpon, ponsel, dll.

PAN dapat digunakan untuk komunikasi antar perangkat pribadi sendiri (komunikasi intrapersonal). Contoh penggunaan jaringan PAN antara lain menghubungkan HP dengan laptop, menggunakan Bluetooth untuk menghubungkan mouse, printer, atau HP ke komputer.

(Gambar Personal Area Network)
LAN (Local Area Network)
Local Area Network biasa disingkat LAN adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil.

Pada sebuah LAN, setiap node atau komputer mempunyai daya komputasi sendiri, setiap komputer juga dapat mengakses sumber daya yang ada di LAN sesuai dengan hak akses yang telah diatur.Sumber daya tersebut dapat berupa data atau perangkat seperti printer. Pada LAN, seorang pengguna juga dapat berkomunikasi dengan pengguna yang lain dengan menggunakan aplikasi yang sesuai.

(Gambar Local Area Network)
MAN (Metropolitan Area Network)
Metropolitan Area Network (MAN) adalah suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya.
(Gambar Metropolitan Area Network)
WAN (Wide Area Network)
Jaringan WAN (Wide Area Network) Merupakan Kumpulan dari LAN atau workgroup yang dihubungkan dengan alat komunikasi modem dari jaringan internet, dari server pusat. WAN memiliki area cakupan yang lebih luas. Contohnya jaringan computer antar wilayah kota atau bahkan negara, atau dapat didefinisikan juga sebagai jaringan kompter yang membutuhkan router dan saluran komunikasi public.

Untuk mengkoneksikan jaringan WAN kita harus menggunakan alat khusus yang bekerja sebagai pusat layanan, misalnya satelit VSAT. VSAT merupakan jaringan atau system komunikasi satelit yang terdiri atas sejumlah stasiun remote dengan menggunakan antenna parabola berdiameter lebih kecil dibandingkan dengan komunikasi satelit lainnya, menggunakan sebuah atau sebagian transponder satelit sebagai repeater dengan didukung peralatan pada stasiun dan sebuah stasiun bumi utama.  Dengan begitu jaringan LAN yang digabungkan menjadi suatu jaringan baru. Disini VSAT berperan sebagai media penghubung antara satu jaringan LAN dengan jaringan LAN yang lain.

(Gambar Wide Area Network)

Dalam era digital yang terus berkembang, pemahaman tentang jenis-jenis jaringan komputer ini menjadi sangat penting. PAN, LAN, WAN, dan MAN masing-masing memiliki peran unik dalam memfasilitasi komunikasi dan pertukaran data antar perangkat, organisasi, dan lokasi yang berbeda. Dengan pemahaman yang baik tentang jenis-jenis jaringan ini, kita dapat memilih dan mengimplementasikan solusi yang sesuai dengan kebutuhan kita.

Comments

Popular posts from this blog

Perhitungan IP Subnetting

Tugas Jaringan Komputer Pertemuan 3